Companies Talkshow: The Opportunities of Fresh Graduate of Library and Information Science in the World of Career

Co-talk atau Companies Talkshow merupakan merupakan program kerja divisi Riset berupa talkshow online yang bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan kepada perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang Ilmu Perpustakaan, Ilmu Informasi, dan Ilmu Kearsipan dengan mengambil tema “The Opportunities of Fresh Graduate of Library and Information Science in the World of Career”.  Kegiatan ini mengundang narasumber yang merupakan seorang konsultan Records & Information Management yang berasal dari PT. Cipta Tata Dokumen Indonesia.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 secara daring melalui Zoom Meeting yang dimulai pukul 08.00 WIB. Diawali dengan briefing panitia selama 40 menit hingga pukul 08.40 WIB dan open gate Zoom Meeting selama 20 menit. Pada pukul 09.00 WIB kegiatan dibuka oleh Host dan dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua pelaksana, ketua umum HMPIP masing-masing selama 3 menit dan sambutan oleh ketua program studi Ilmu Perpustakaan FIA UB selama 4 menit hingga pukul 09.15 WIB.

Pada pukul 09.15 WIB tepat sebelum kegiatan Talkshow, Host mengenalkan narasumber dalam waktu 5 menit hingga pada pukul 09.20 WIB mulai memasuki kegiatan Talkshow. Kegiatan Talkshow dilakukan selama kurang lebih 45 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 15 menit. Terdapat beberapa pertanyaan dari peserta yang dijawab oleh narasumber. Sebelum sesi foto bersama, diadakan ice breaking guna membuat peserta kembali bersemangat dan tidak mengantuk setelah menyimak sesi Talkshow dari awal hingga akhir. Ice breaking dilakukan selama 15 menit hingga pukul 10.35 WIB.

Setelah sesi ice breaking berakhir, acara ditutup dengan sesi foto bersama dan pembagian link presensi kepada peserta melalui kolom chat zoom pada pukul 10.38 WIB, kemudian peserta yang telah mengisi presensi dipersilakan meninggalkan room Zoom Meeting tepatnya pada pukul 10.40 WIB.

Dari pemaparan oleh pemateri dapat memberikan pemahaman kepada peserta Companies Talkshow tentang apa itu peluang kerja lulusan Ilmu Perpustakaan di perusahaan-perusahaan. Dan dari Companies Talkshow ini sedikit banyaknya dapat memberikan manfaat dan pemahaman baru kepada peserta talkshow.

Leave a Reply

Your email address will not be published.