PRESS RELEASE KUBASI

Pertanyaan dan Jawaban dari Hasil Kegiatan KUBASI Terkait Kartu Rencana Studi (KRS)

Pertanyaan:

Di ilpus ub ada program semester pendek ga kak? Mekanismenya gimana dan -/+ semester pendek apa kak?

Jawab:

Ada dong, mekanismenya dilaksanain waktu libur semester genap. Antara ketua angkatan atau perwakilan dari advokasi bakal minta list di group angkatan untuk siapa yang bakal ikut semester pendek atau biasa disebut semester antara. Jika sudah ada nama mahasiswa yang mengikuti semester antara, maka mahasiswa-mahasiswa tersebut perlu melakukan pembayaran sebesar RP100.000/sks (kalau 1 mata kuliah ada 3 sks maka bayarnya RP300.000). Setiap mata kuliah yang akan dibuka, diharuskan terdapat minimal 15 mahasiswa, jika kurang dari itu kelasnya tidak dibuka dan uang pembayarannya akan dikembalikan. Kelebihan dari semester antara ini diantaranya bisa lebih cepat selesai mata kuliahnya, sehingga nanti pas di semester atas bisa lebih lega dan jumlah sks yang harus ditempuh di semester akhir berkurang. Kekurangannya jika mengikuti kelas antara maka harus mengeluarkan uang lebih dan waktu liburnya berkurang.

Pertanyaan:

Berarti tuu kak kita tinggal milih kelas aja ya? Untuk matkul sama dosen tuu udh di paketin atau gmna ya kak??

Jawaban:

Iya kita tinggal pilih kelas saja, karena untuk dosen udah ditentuin dari akademik, dan untuk matkulnya udah sesuai di buku pedoman FIA.

Pertanyaan:

Tahun depan KRS an online atau oflline kak?

Jawaban:

Untuk KRS itu selalu online, online disini maksudnya melalui SIAM UB.

Pertanyaan:

Yang akan menjadi dpa nanti apakah hanya dosen dari ilpus saja atau dari dosen seluruh fia?

Jawaban:

Dosen DPA itu hanya dosen jurusan publik (bukan hanya dari dosen Ilmu Perpustakaan).

Pertanyaan:

Kalau kita mahasiswa kip-k itu kan bayar ukt nya dari pemerintah kak, apa itu menghambat waktu krs an gk sih kak?

Jawaban:

Enggak menghambat, karena pembayaran dari pemerintah itu secara otomatis dan akan dibayar sebelum kita KRS an. Jadi tidak mempengaruhi krs an kita.

Pertanyaan:

Cara ningkatin sks atau ip/ipk untuk mengikuti krs selain dari mata kuliah apa harus nambah kelas kak? Atau ada cara lain?

Jawaban:
Enggak, biasanya untuk menambah sks itu apabila kita bisa input mata kuliah yang cukup/maksimal. untuk input mk lebih bisa melalui nilai yang cukup dalam arti tidak dibawah batas nilai setiap mk. terkecuali dalam semester itu mk yang terinput sudah dengan sks yang maksimal berati cukup untuk mengambil mk yg lain.

Pertanyaan:

Kak apakah ada kode” tertentu yang menujukkan identitas dosen dari suatu matkul ketika input krs?

Jawaban:

Enggak, tapi untuk kode matkul itu sudah tertera disetiap mata kuliah mungkin hanya dosen saja yang kemungkinan bisa berubah.

Pertanyaan:

Apakah jadwalnya sama (jam beserta dosennya) setiap tahunnya?

Jawaban:

Beda beda, karena yang mengatur akademik dan ketersediaan dosennya.

Pertanyaan:

Tadi dijelasin kalo krs kita itu udah dipaketin, nah itu kalo kita salah input gimana ya kak?

Krs yang dipaketin itu hanya di semester 1, kalo sudah masuk semester 2 dan seterusnya Jawaban:

Kita KRS an sendiri sesuai dengan mata kuliah yang ada dibuku pedoman FIA. Jadi kalo salah input masih bisa diganti asalkan masih dalam batas waktu krs an.

 

Pertanyaan:

Kalo seumpamanya satu kelas pengen bareng lagi, bisa ngga kalo satu kelas tu janjian ngisi krs di kelas yang sama?

Jawaban:

Bisa, asalkan dalam 1 kelas itu masih cukup kuotanya.

Pertanyaan:

Jadi kalau mau krs harus udah bayar ukt kan yakk, nah kira kira bayar uktnya itu kapan sih? Laluuu kalau kita waktu krs an santai aja gt yaa ikhlas mendapat kelas yg mana aja gitu gapapa kan kak ga salah kan? Soalnya tuh apaya dari yang aku denger denger kesannya krs an itu kek lomba mendapatkan hati harry styles gitu aliassss rebutan sampe hebohhh

Jawaban:

Iya harus bayar ukt, dan biasanya bayarnya 2-3 minggu sebelum krs. Iya santai aja yang penting dapet kelas.

Pertanyaan:

Misal kita sudah bener bener bentrok jadwal lalu nggak ada yang mau tukeran jadwal itu bagaimana?

Jawaban:

Menghubungi cp untuk krs an dan melakukan konfirmasi ke cp yang tertera di surat edaran.

Pertanyaan:

Dimana kita mengetahui DPA (Dosen Pembimbung Akademik) kita?

Jawaban:
Nanti bakal ada surat edaran terkait DPA yang akan diberikan ke perwakilan angkatan.

Pertanyaan:

Kapan waktu terbaik buat krs?

Jawaban:

Ketika KRS berlangsung dan secepatnya ketika sudah dibuka.

Pertanyaan:

Apakah susah untuk menghubungi DPA ((Dosen Pembimbung Akademik) kak?

Tidak. Disarankan untuk yang menghubungi DPA pertama kali, hanya melalui perwakilan saja mewakili teman-teman yang DPA nya sama untuk menanyakan mekanismeny bagaimana.

Pertanyaan:

Saat semester berapa enaknya kita mengambil krs yang banyak

Jawaban:

Ketika jumlah sks yang tertera pada buku pedoman belum mencapai 24 sks, dan IP di semester sebelumnya melebihi 3.00. Tetapi tentunya jumlah maksimal sks yang ditempuh tidak lebih dari 24 sks, dan selalu berkomunikasi dengan advokasi himpunan dan juga Sekretaris Program studi.